UNTUK PENGEMBANGAN DIRI, MAN 1 KOTA MALANG SIAPKAN 24 EKSTRAKURIKULER

UNTUK PENGEMBANGAN DIRI, MAN 1 KOTA MALANG SIAPKAN 24 EKSTRAKURIKULER

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Ekstrakurikuler adalah suatu kegiatan yang diperuntukkan untuk siswa di luar jam pelajaran dengan tujuan untuk melakukan pengembangan diri. Pengembangan diri yang dapat dilakukan melalui ekstrakurikuler meliputi pengembangan wawasan pengetahuan, serta keterampilan sesuai dengan minat dan bakat siswa. Begitu pula dengan MAN 1 Kota Malang, ada 24 ekstrakurikuler yang telah disiapkan MAN 1 Kota Malang sebagai wadah pengembangan diri bagi siswa-siswi MAN 1 Kota Malang.

     Dari 24 ekstrakurikuler (ekskul) tersebut akan dikelompokkan menjadi 10 sekbid. Sekbid tersebut meliputi (1) sekbid keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang meliputi ekskul tahfiz, qiraah, kaligrafi; (2) sekbid budi pekerti luhur atau akhlak mulia yang di dalamnya terdapat ekskul Badan Dakwah Islam (DBI); (3) kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara dengan ekskul Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRAKA) di dalamnya, (4) sekbid prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga yang meliputi ekskul olimpiade, riset, futsal, atletik, voli, basket, pencak silat, bulu tangkis, dan tenis meja; (5) sekbid demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan tolerasi sosial dalam konteks masyarakat plural dengan ekskul pramuka (pa dan pi) di dalamnya; (6) kreatifitas, keterampilan, dan kewirausahaan dengan ekskul Koperasi Siswa (KOPSIS); (7) sekbid kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis sumber gizi yang meliputi ekskul Palang Merang Indonesia (PMI) dan Kader Kesehatan Remaja (KKR); (8) sekbid sastra dan budaya yang meliputi ekskul musik, gambus, teater, dan paduan suara; (9) sekbid teknologi informasi dan komunikasi dengan ekskul Teknologi Informasi (MITC); serta  (10)  sekbid komunikasi dalam berbahasa yang meliputi ekskul broadcasting, IPPBA, English Club, dan GAPMA.

     Begitu banyak ekskul di MAN 1 Kota Malang, bukan hal baru pula bagi kelas XI dan XII. Namun, untuk siswa baru kelas X perlu ada pengenalan tersendiri agar siswa dapat memilih ekskul sesuai dengan bakat dan minatnya. MAN 1 Kota Malang akan mengadakan demo ekskul dalam kegiatan Matsama. Siswa kelas X, XI, maupun XII diberikan kesempatan mengikuti 1 ekskul wajib dan 1 ekskul tambahan/pilihan.

     Selama pandemi memang menjadi kendala tersendiri bagi masing-masing ekskul untuk tetap beraktivitas mengingat keterbatasan bertatap muka dan adanya pembelajaran serta aktivitas-aktivitas madrasah yang serba daring. Namun, tim dari kesiswaan beserta dengan pembina-pembina sekbid telah mempersiapkan rencana agar pada tahun ini ke-24 ekskul dapat tetap beraktivitas dan berkegiatan, secara daring. “Intinya, ekskul MAN 1 Kota Malang ini agar tetap menjadi wadah untuk siswa mengembangkan diri. Terlebih yang membuat saya bangga meskipun setahun lalu sudah pandemik, prestasi dari masing-masing ekstrakurikuler juga masih berjalan, ada yang bahkan tembus tingkat nasional bahkan internasional. Jadi, pada tahun ini ada rencana ekskul daring agar lebih maksimal dalam berprestasi,” ungkap waka kesiswaan, Bapak H. Iwan Setiawan, M.Pd.

     Tim kesiswaan dan pembina akan terus berkoordinasi dengan pelatih-pelatih ekskul baik dari pelatih dari dalam maupun dari luar. Adapun untuk pelatih dari luar, MAN 1 Kota Malang bekerja sama dengan Bima Sakti Malang Basketball Club, Club Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI), UB, UM, UMM, Puskesmas Dinoyo, PMI Kota Malang, dan pelatih independen yang memiliki prestasi, pengalaman, dan sertifikat sesuai bidangnya. Bahkan, untuk ke depannya tim kesiswaan berencana akan menambah ekskul Catur karena MAN 1 Kota Malang juga telah meraih prestasi tersebut sebelumnya.

     Di antara 24 ekstrakurikuler tersebut pun juga terdapat 4 ekskul yang masuk dalam program unggulan madrasah, seperti Tahfidz, Olimpiade, Riset, dan MITC. Namun, tidak berarti ekskul lainnya bukan unggulan madrasah, ekskul lain juga menjadi ekskul yang telah terbukti mampu menjadi wadah siswa serta menorehkan tinta emas untuk madrasah dengan prestasi-prestasi gemilang sesuai bidangnya masing-masing.

     Jadi, akan sangat rugi jika tidak memanfaatkan kesempatan untuk bergabung dalam ekskul MAN 1 Kota Malang agar dapat mengasah keterampilan, minat, dan bakat sebagai bentuk pengembangan diri di luar jam  belajar. Salam perubahan (Humas)