SELAMA TAHUN PELAJARAN 2020-2021 MAN 1 KOTA MALANG BANJIR PRESTASI

SELAMA TAHUN PELAJARAN 2020-2021 MAN 1 KOTA MALANG BANJIR PRESTASI

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Jika menilik kembali awal tahun pelajaran 2020—2021 hingga saat ini, banyak sekali prestasi yang telah MAN 1 Kota Malang raih. Prestasi-prestasi itu tidak hanya melulu di bidang akademik siswa. MAN 1 Kota Malang juga ukir prestasi di beberapa bidang lain, seperti bidang kelembagaan madrasah, prestasi guru, dan prestasi non akademik siswa.

     Secara kelembagaan, MAN 1 Kota Malang ditetapkan sebagai (1) Madrasah Adiwiyata 2020 Tingkat Kota Malang. (2) Madrasah Layanan Publik Terbaik, tingkat Kemenag Kota Malang, Tahun 2020. (3) Madrasah Pilot Project ZI. Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.1281?Dj.I/Set.I/KP.02.3/03/2021 tanggal 8 Maret 2021, MAN 1 Kota Malang telah ditunjuk sebagai madrasah Pilot Project Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. (4) Peraih dana SBSN tahun 2021, bahkan ini merupakan SBSN yang ketiga bagi MAN 1 Kota Malang.

     Selain itu, MAN 1 Kota Malang juga memiliki prestasi yang diraih oleh unsur guru pengajar. Dalam tahun pelajaran ini, terdapat 2 guru MAN 1 Kota Malang yang lolos menjadi instruktur nasional. Guru tersebut yaitu Dra. Dyah Istami Suharti, M.KPd. pada bidang Biologi MA dan Chusnul CHotimah, M.Pd. pada bidang Ekonomi MA. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi MAN 1 Kota Malang saat Maret 2021 lalu 2 guru lolos menjadi instruktur nasional yang akan menjadi pemateri para fasilitator provinsi untuk kegiatan PKB guru dan tendik madrasah fasilitator. Disamping ada beberapa guru yang terpilih sebagai Ketua MGMP tingkat Aliyah seperti 1) Abdurrohim, MA sebagai ketua MGMP Fikih 2) Nurul Fitriah, M.Si, sebagai Ketua MGMP Kimia 3) Ayu Mahmudatul Akhadiyah, S.Pd., sebagai Ketua MGMP Antroplogi 4) Dra. Dyah Istami Suharti, M.KPd, sebagai Ketua MGMP Biologi 5) Sya’in Qodir, S.Pd, sebagai ketua MGMP PKN, 6) Drs. Sudirman, S.T,S.Pd,M.Pd, sebagai Ketua MGMP Prakarya 7) Endro Subagyo, M.Pd., sebagai Ketua MGMP Mapel Seni Budaya 8) Elsa Putri Anggraeni, S.Pd, sebagai Ketua MGMP Mapel Sosiologi.

     Prestasi akademik dan non akademik lain juga tak kalah. MAN 1 Kota Malang berhasil melakukan pendampingan serta pembinaan terhadap minat dan bakat siswa-siswinya sehingga mampu mengantarkan meraih juara. Adapun prestasi tersebut meliputi, juara tingkat internasional, juara tingkat nasional, dan juara tingkat provinsi.

     Juara tingkat internasional yaitu Tim MAN 1 Kota Malang meraih silver medali (juara 2) dalam Indonesia Internasional Applied Science Project Olympiad (12ASPO) dan meraih juara 3 bidang robotic dalam International Robotic Competition 2020 yang diselenggarakan oleh Rotary Iub of Surabaya dan Dinas Pendidikan Jatim.

     Juara tingkat nasional meliputi (1) Tim MAN 1 Kota Malang meraih gold Medal (Juara 1) dalam National Applied Science Project Olympiad (NASPO), (2) Indah Voice yang meraih juara 3 dalam Program Syiar Anak Negeri 2020 Metro TV yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dan Metro TV, (3) meraih juara 2 bidang Biologi Terintegrasi dalam KSMO yang diselenggarakan Kementerian Agama RI, dan masih banyak prestasi lainnya di tingkat Nasional.

     Pada kejuaraan tingkat provinsi meliputi (1) juara 2 dalam Erlangga English Speech Contest 2020 yang diselenggakan oleh penerbit Erlangga, (2) juara 1 lomba Da’I dalam Islamic Festival Universitas Negeri Surabaya 2020 yang diselenggarakan Universitas Negeri Surabaya, dan masih banyak prestasi lainnya di tingkat provinsi ini.

     Alhamdullillah, prestasi demi prestasi telah diukir selama tahun pelajaran 2020/2021. Semoga, ukiran prestasi MAN 1 Kota Malang pada tahun pelajaran 2021/2022 mendatang semakin meningkat. Tidak ada kata menyerah dalam hal kebaikan, utamanya meraih prestasi untuk mengharumkan nama MAN 1 Kota Malang. (Humas)