PERJALANAN INISIATOR MUDA MODERASI BERAGAMA  MAN 1 KOTA MALANG LOLOS TAHAP 2 (TAHAP PRESENTASI)

PERJALANAN INISIATOR MUDA MODERASI BERAGAMA MAN 1 KOTA MALANG LOLOS TAHAP 2 (TAHAP PRESENTASI)

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Alhamdullillah, kabar gembira dari MAN 1 Kota Malang saat menerima pengumuman tentang seleksi Inisiator Muda Moderasi Beragama “Duta Moderasi Beragama Tahun 2021” Tahap II pada tanggal 28 Juni 2021 lalu. MAN 1 Kota Malang kembali lolos seleksi tahap II pada ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam tersebut.

     Menilik sedikit ke belakang perjalanan dengan didampingi oleh ustaz Syarifudin, M.Pd., MA TESOL., Ustazah Nuriyatul Hidayah, S.Pd., dan ustazah  Zahrotul Muzdalifah, S.Pd. ada beberapa hal yang menarik dari perjuangan Adit Maulana Prasetyo. Sempat beberapa kali merasa insecure, Adit (panggilan akrabnya) dalam mengikuti perlombaan ini. Namun, dengan berbekal pengalaman berorganisasi, keseriusan, dan ketekunan dalam mempersiapkan tahap II lalu serta pendampingan dari ustaz dan ustazah, membuat Adit kembali optimis. Dalam mempersiapkan presentasi pada tahap II lalu, begitu mendapat pengumuman lolos, Adit masuk karantina dengan tidur di Mahad Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang. Hal tersebut agar memudahkan dan agar lebih intens dalam berdiskusi dan berlatih dengan para pendamping, mulai dari membuat latar belakang, PPT, mencari data konflik beragama beberapa tahun terakhir, hingga rencana aksi. Selain itu, Adit juga belajar bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memungkinkan akan dilontarkan juri saat presentasi agar tidak nervous.

     Saat proses seleksi tahap II, pelajaran yang dapat dibagi yaitu tidak malu bertanya atau meminta diulangi lagi pertanyaan dari juri. Alasannya, karena presentasi ini dilakukan melalui daring sehingga saat itu ada sedikit miskom terhadap pertanyaan yang dilontarkan tetapi, alhamdullillah, Adit tetap dapat menjawab dengan memaparkan bahwa yakin, program aksi yang dia paparkan dapat dilaksanakan dengan pengalaman dan keaktifan dia dalam organisasi di madrasah. Poin plus lainnya juga program-program aksi yang diberikan Adit cukup banyak dan paparan esai yang juga bagus.

     Setelah melewati seleksi tahap sebelumnya tersebut, Adit dan para pendamping kini mulai mempersiapkan untuk seleksi selanjutnya, khususnya lebih mematangkan rencana aksi. Seleksi tersebut adalah review dan persiapan pendampingan yang dilaksanakan secara virtual melalui link zoom pada 6 Juli 2021. Para pendamping juga akan terus berkoordinasi dengan madrasah dalam setiap proses persiapan ini. MAN 1 Kota Malang pun memberikan dukungan penuh agar dapat lolos dalam perlombaan ini.

     Banyak manfaat yang dapat diambil dalam mengikuti ajang perlombaan ini. Salah satu yang sudah dirasakan Adit yaitu bertambahnya wawasan tentang moderasi beragama, menghargai agama dan keyakinan, menghargai dan menghormati perbedaan, serta tidak memaksakan kehendak. Dari segi sikap pun mulai dirasakan Adit sehingga saat terjun ke masyarakat dapat membawa dampak yang besar. Dengan banyaknya manfaat yang dirasakan inilah, wacana ke depan, Duta Moderasi Beragama MAN 1 Kota Malang ini akan diberikan kesempatan dalam memberikan materi saat Matsama 2021 ini.

     Semoga Adit Maulana Prasetyo beserta dengan ustaz dan ustazah pembina diberikan kemudahan dan kelancaran serta dapat lolos pada tahap seleksi ini sehingga dapat memperoleh hasil terbaik dan mengharumkan nama MAN 1 Kota Malang. Setiap perlombaan pasti ada kalah dan menang tetapi sikap optimis yang disertai dengan  usaha maksimal serta doa akan menjadi ikhtiar terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dan terbaik. Setiap individu juga pasti memiliki kelebihan masing-masing untuk dapat tersebut digali sehingga tidak perlu insecure. Salam Moderasi Beragama, Bermartabat, dan Anti Korupsi. (Humas)