MESKI PANDEMI COVID-19, KEGIATAN MA’HAD DARUL HIKMAH MAN 1 KOTA MALANG TETAP BERJALAN DENGAN BAIK

MESKI PANDEMI COVID-19, KEGIATAN MA’HAD DARUL HIKMAH MAN 1 KOTA MALANG TETAP BERJALAN DENGAN BAIK

Malang (MAN 1 Kota Malang). Wabah pandemi Covid-19 di bumi ini menjadi pelajaran bagi setiap manusia. Pandemi Covid-19 ternyata mendatangkan banyak tantangan yang harus dihadapi yang pada akhirnya banyak pelajaran yang bisa dipetik oleh kita. Walaupun aktifitas dan interaksi di masa pandemi ini sangat dibatasi, namun tidaklah menghalangi suatu instansi untuk terus bergerak dan melahirkan berbagai macam inovasi.

Hal ini sebagaimana yang terjadi di Ma’had Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang, yang tetap menjalankan dan melaksanakan kegiatan Ma’had secara online, walaupun santri-santrinya berada di rumah masing-masing. Kegiatan pembelajaran seperti ta’lim kitab, tahsin dan tahfidz Qur’an, muhadharah, pembelajaran bahasa yang dikenal dengan Shabahul Lughah (English Day dan Arabic Day), Ma’radhul lughah, Talkshow Native Speaker, bahkan qiyamullail, dan salat berjamaah pun tetap dilaksanakan, dengan konsep monitoring dan kolaborasi bersama wali santri. “Seluruh kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik menggunakan media pembelajaran dan media sosial seperti Zoom, Whatsapp, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Terlaksananya kegiatan tersebut tentunya atas dukungan dan kerjasama antar pimpinan, pengurus ma’had, wali santri dan juga santri’, Demikian penjelasan Mudir Ma’had Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang, Ustadz Syarifuddin, M.Pd. MATesol dalam rapat koordinasi dengan unsur pimpinan MAN Kota Malang pada tanggal 11 Juni 2021 yang lalu.

Sementara itu Kepala MAN 1 Kota Malang, Ibu Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd. mengapresiasi atas keseriusan dan kesungguhan para ustadz/ustadzah atau murabbi/murabbiyah Ma’had Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang, yang dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, membimbing, memandu, dan memonitoring kegiatan para santri secara online.  Hal ini membutuhan keseriusan dan kesabaran tersendiri, mengingat kegiatan dilaksanakan secara online. Beliau juga berpesan agar pihak ma’had terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan orang tua santri, agar semua kegiatan yang dilaksanakan secara online tersebut dapat berjalan semaksimal mungkin. (Humas)