MAN 1 KOTA MALANG SIAPKAN MATSAMA SECARA ONLINE

MAN 1 KOTA MALANG SIAPKAN MATSAMA SECARA ONLINE

Malang (MAN 1 Kota Malang). Menyambut tahun pelajaran 2021/2022, MAN 1 Kota Malang tidak hanya mempersiapkan  pembelajaran untuk semester selanjutnya, tetapi juga mempersiapkan kegiatan Matsama. Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah) adalah kegiatan khusus yang diperuntukkan kepada siswa baru madrasah, yaitu siswa kelas X. Matsama kali ini juga akan dilaksanakan secara daring mengingat adanya peraturan PPKM darurat covid-19. Matsama MAN 1 Kota Malang dilaksanakan pada Jumat, 9 Juli 2021 untuk pra Matsama dan Senin—Rabu, 12—14 Juli 2021 untuk kegiatan inti Matsama. Sedangkan untuk santri Ma’had Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang ditambah dengan kegiatan Masa Ta’aruf Santri Ma’had Darul Hikmah pada hari Kamis, 15 Juli 2021.

Waka Kesiswaan, Bapak H. Iwan Setiawan, M.Pd., mengatakan bahwa meskipun Matsama tahun pelajaran 2021/2022 ini dilaksanakan secara daring, panitia Matsama MAN 1 Kota Malang tidak lantas surut semangat. Seluruh tim panitia matsama tetap mempersiapkan kegaitan tersebut secara matang meski harus mengubah dari rencana dilaksanakan secara luring ke daring karena ada peraturan PPKM darurat ini.

Matsama tahun ini mengusung tema Membentuk Generasi yang Kompetitif, Inovatif, dan, Berakhlak Karimah. Bapak Drs. H. Sabilal Rosyad, Ketua Matsama Tahun Pelajaran 2021/2022 mengatakan, “Tema matsama kali ini dirumuskan berdasarkan Visi Misi Kemenag Kota Malang yaitu Kompetitif dan Inovatif serta Visi Misi MAN 1 Kota Malang yaitu Berakhlak Karimah”. Tujuan dari Matsama ini, yaitu (1) membentuk mental positif, berakhlak terpuji, kecerdasan sosial, disiplin, dan cinta terhadap lingkungan madrasah sehingga dapat dijadikan bekal dalam membangun diri di lingkungan masyarakat; (2) menanamkan pengertian serta pemahaman terhadap tugas dan tanggungjawab serta peran peserta didik di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang; (3) memberikan gambaran dan pemahaman yang jelas mengenai tata tertib dan aturan yang berlaku di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang; (4) memberikan gambaran visi, misi, dan tujuan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang; serta (5) membantu peserta didik dalam menumbuhkan potensi diri dan mengembangkan menjadi kekuatan dalam mencapai cita-cita yang diharapkan.

Kegiatan dalam Matsama ini juga menjadi istimewa karena selain materi pengenalan madrasah, nantinya juga ada sesi materi tentang moderasi beragama serta inagurasi yang ditampilkan oleh siswa baru MAN 1 Kota Malang. Dalam pelaksanaannya ini, ketua matsama berharap agar kegiatan matsama ini dapat berjalan dengan lancar, semua peserta didik dapat mengikuti materi dan pengarahan dalam setiap sesinya. Materi dan pengarahan yang diberikan data meningkatkan dan menambah pengetahuan dalam kemampuan bernalar, berpikir kritis, adab menuntut ilmu, serta moderasi beragama. Untuk siswa yang mungkin tidak dapat berhalangan hadir akan diberi kesempatan untuk mengikuti Matsama tahun selanjutnya. (Humas)