Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS)  Menyelami Jati diri dan Menyiapkan Masa Depan

Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) Menyelami Jati diri dan Menyiapkan Masa Depan

Kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah yang dilaksanakan pada Kamis, 22 Agustus 2024 oleh Kementerian Agama Kota Malang, dengan melibatkan 366 siswa kelas XII MAN 1 Kota Malang. 

Berbagai kegiatan seru terakomodasi dalam rangkaian yang diawali dengan pengenalan diri dari peserta dan pemateri. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan untuk jenjang 5 tahun ke depan disertai apa modal ataupun hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan hal tersebut. Ketiga, prinsip hidup yang harus dipertahankan (sabar, ramah, dermawan, pemaaf, dan lain-lain). Keempat, hal-hal yang memengaruhi emosi diri dan cara mengendalikannya. Terakhir adalah meneladani kisah-kisah nabi dan tokoh yang diceritakan dalam Al-Qur'an.

Salah satu siswa yang mengikuti BRUS, Rayyan Anggoro (XII-B) menyampaikan bahwa kegiatan ini menghadirkan kesan yang menyenangkan, karena pemateri memberi atensi yang positif tentang apa yang kita miliki dan apa yang kita inginkan (segala sesuatu yang berhubungan dengan diri kita), sehingga kami merasa mendapat perhatian yang mendalam terkait kepribadian dan jati diri kami.

Para siswa yang lain sangat antusias dan mendapat banyak manfaat positif dari kegiatan ini, utamanya dalam hal menyiapkan diri menuju masa depan agar dapat meraih kesuksesan dunia dan akhirat.