UNTUK TINGKATKAN LAYANAN, UKS MAN 1 KOTA MALANG  JALIN KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG

UNTUK TINGKATKAN LAYANAN, UKS MAN 1 KOTA MALANG JALIN KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG

Malang (MAN 1 Kota Malang). Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) sebagai salah satu program kesehatan yang langsung berhubungan dengan peserta didik sudah dirilis sejak tahun 1956. Seiring dengan manfaat dan perkembangannya, guna memantapkan pembinaan UKS secara terpadu, maka pada tahun 1984 diterbitkanlah Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. SKB ini kemudian disempurnakan pada tahun 2003. Sejak saat itu,  SKB 4 menteri ini langsung menjadi dasar hukum atau landasan penyelenggaraan program UKS

Dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992 pasal 45 tentang Kesehatan ditegaskan bahwa :  ”Kesehatan Sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas”.

            Usaha kesehatan sekolah memiliki tiga program pokok yang dikenal dengan nama Trias UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Trias UKS memiliki peranan sangat penting dalam mewujudkan lingkungan dan peserta didik yang sehat dan cerdas.

Di MAN 1 Kota Malang usaha kesehatan sekolah memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan yang sehat. Demi mewujudkan tujuan tersebut, UKS MAN 1 Kota Malang bekerjasama dengan Puskesmas Dinoyo Kota Malang dengan melakukan screening kesehatan siswa.

Kegiatan screening dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta didik sejak masuk kelas X. Kegiatan screening dilakukan di awal tahun pembelajaran di kelas X, XI, dan XII. Kegiatan screening meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar lengan, pemeriksaan ketajaman indera ( penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, dan pemeriksaan mental emosional. Dalam pelaksanaan screening ini, apabila ditemukan siswa yang memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik, maka siswa tersebut akan dirujuk ke Puskesmas Dinoyo Kota Malang untuk memperoleh penanganan atau pengobatan yang lebih baik.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan seluruh siswa MAN 1 Kota Malang memiliki kondisi kesehatan yang baik, sehingga terwujudlah insan yang sehat, cerdas, berkualitas, dan, humanis sesuai dengan visi UKS MAN 1 Kota Malang. Ingat pesan al Mahfudzat (pesan bijak)  “al ‘aqlus-salim fi jismis-salim” yang artinya: “Akal yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat.”. Salam Sehat (Humas)