TAPEL 2020/2021 MAN 1 KOTA MALANG LULUSKAN 69 SISWA DENGAN MASA STUDI 2 TAHUN (4 SEMESTER)

TAPEL 2020/2021 MAN 1 KOTA MALANG LULUSKAN 69 SISWA DENGAN MASA STUDI 2 TAHUN (4 SEMESTER)

Malang (MAN 1 Kota Malang). Sejak tahun 2008 MAN 1 Kota Malang sudah memiliki program akselerasi atau percepatan untuk siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Namun, di tahun 2014 program percepatan tersebut berganti menjadi SKS (Sistem Kredit Semester). Hal tersebut sesuai dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 158 Tahun 2014 tentang penyelenggraan sistem kredit semester pada pendidikan dasar dan menengah. Hal ini sejalan dengan amanah UU Sisdiknas No. 20 tahun 2023, yaitu pada Pasal 12 ayat (1) point f menyatakan bahwa peserta didik dapat menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan. Dengan demikian, bakat, minat dan kecepatan belajar peserta didik yang berbeda harus difasilitasi oleh sekolah.

Dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 158 Tahun 2014 Pasal 4 menyebutkan bahwa pembelajaran dengan SKS dikelola dalam bentuk pembelajaran yang berdiferensiasi bagi masing-masing kelompok peserta didik yang berbeda kecepatan belajarnya. Hal itu sesuai dengan sistem pembelajaran SKS yang ada di MAN 1 Kota Malang, yang telah dijelaskan oleh staf kurikulum, Emi Rohanum, M.Pd., “Sekolah kita adalah sekolah yang menerapkan SKS atau Sistem Kredit Semester yang terpantau atau terkendali, artinya kita menyediakan paket mata pelajaran yang sudah ditentukan oleh madrasah. Di antara anak-anak itu nantinya proses pembelajarannya melalui modul yang bernama UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Melalui UKBM itu, nanti anak-anak yang kemampuan belajarnya di atas rata-rata dan stabil serta memiliki komitmen yang tinggi bisa menyelesaikan lebih cepat dari anak-anak biasanya. Nah, anak-anak inilah yang nantinya yang akan dikelompokkan ke kelas SKS 2 tahun atau 4 semester.”

Sistem pembelajaran SKS, selain menggunakan media buku, juga menggunakan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Dalam UKBM berisi tentang petunjuk-petunjuk yang harus dilakukan oleh siswa pada mapel tertentu, termasuk di dalamnya tugas yang harus dikerjakan oleh siswa sehingga siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata bisa menyelesaikan UKBM lebih cepat, jadi mereka bisa menempuh pendidikan hanya 2 tahun atau 4 semster.

MAN 1 Kota Malang salah satu madrasah yang mampu melayani anak-anak yang memiliki kemapuan tersebut, dengan jurusan MIPA, IPS, Agama, dan Bahasa sehingga mereka lebih cepat masa studinya, yaitu hanya 2 tahun atau 4 semseter saja. Di tahun pelajaran 2020/2021 MAN 1 Kota Malang telah meluluskan 69 siswa yang mengikuti program SKS 4 semester,  XII MIPA 1 sebanyak 34 siswa, XII IPS sebanyak 20 siswa, XII Agama sebanyak 6 siswa, XII Bahasa sebanyak 9 siswa. Harapannya, MAN 1 Kota Malang menjadi wadah bagi siswa yang ingin menempuh pendidikan dengan sistem percepatan dengan tetap mengutamakan kualitas di bidang akademik, nonakademik, yang berakhlak karimah. (Humas)