SISWA MAN 1 KOTA MALANG IKUTI KEMENKEU MENGAJAR 6

SISWA MAN 1 KOTA MALANG IKUTI KEMENKEU MENGAJAR 6

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan satu hari di sekolah yang dilakukan oleh pegawai Kementerian Keuangan yang mendaftar sebagai relawan. Melalui para relawan Kementerian Keuangan tersebut, Kementerian Keuangan memberikan pengetahuan atau materi kepada siswa MAN 1 Kota Malang mengenai peran Kementerian Keuangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada Selasa, 09 November 2021 yang dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Aula MAN 1 Kota Malang, kelas digital, dan di rumah masing-masing bagi siswa yang saat ini mengikuti PJJ.

     Kegiatan Kemenkeu Mengajar dilakukan oleh tiga relawan pengajar yang merupakan pegawai Kementerian Keuangan yaitu, (1) Nailin Zulfa dari Direktorat Jenderal Pajak Semarang, (2) F. Becky Arthajulian Direktorat Jenderal Pajak Ternate, (3) Sarah Dhiena Fadhila Direktorat Perbendaharaan Banda Aceh, dan (4) Navia ayutama Direktorat Bea Cukai Bandar lampung. Susunan acara pada kegiatan ini yaitu, (1) pembukaan, (2) doa, (3) menyanyikan lagu Indonesia Raya, (4) Penayangan video profil, (5) sambutan Kepala MAN 1 Kota Malang, (6) penayangan video sambutan Menteri Keuangan, (7) games, (8) foto bersama, (9) materi, (10) tanya jawab, (11) penutup.

     Kepala MAN 1 Kota Malang, Ibu Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Kemenkeu Mengajar, siswa MAN 1 Kota Malang nantinya akan mampu memahami secara langsung bagaimana pengelolaan keuangan negara di bidang APBN, pajak, bea cukai, dan keperbendaharaan negara. Beliau berharap semoga kegiatan ini menambah wawasan siswa MAN 1 Kota Malang tentang kementrian keuangan dan menimbulkan rasa cinta terhadap tanah air.

      Penyampaian materi dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar yaitu (1) F. Becky Arthajulian, memberikan materi tentang pajak, penerimaan kepabeaan dan cukai, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), dan nilai-nilai kementerian keuangan dan (2) Sarah Dhiena Fadhila, memberikan materi tentang APBN, (3) Nailin Zulfa, memberikan materi tentang tugas-tugas akselon I di Kementerian Keuangan yang terdiri dari Sekretriat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Badan Kebijakan Fiskal, Direktorat Jenderal Anggaran, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

     Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan MAN 1 Kota Malang untuk ikut sukseskan Kementerian Keuangan Mengajar sebagai bentuk kepedulian kemenkeu untuk kemajuan pendidikan Indonesia dan memperingati hari Kementerian Keuangan. Pesan dari Menteri Keuangan Indonesia, Ibu Sri Mulyani, S.E, M.Sc., Ph.D untuk siswa MAN 1 Kota Malang yaitu, “Terus semangat dan terus belajar untuk Indonesia maju.” (Humas)