Shobahul Quran, Mengenal Kekuasaan Allah

Shobahul Quran, Mengenal Kekuasaan Allah

MAN 1 Kota Malang (Malang). Dalam kegiatan rutin Shobahul Quran Rabu, 5 April 2023, kelas XI Mipa 6, Khadijah Binti Imam A., Rahma Zerlinda, dan M. Farhan Khalid dari PA Joko Sugiarto, S.Pd. memberitahukan kita betapa besar kekuasaan Allah SWT melalui surat Al Isro ayat 1. Setelah menyajikan materi, beberapa siswa yang mendengar juga bertanya-jawab atas kandungan materi tersebut. Antusiasme mempelajari kebesaran Allah SWT membuat semakin bersyukur dan kita istiqomah dengan ibadah kepada-Nya.

Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidin Aqso’ yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat. Terjemahan Q.S. Al Isro, Ayat 1.

Beberapa kandungan dari ayat tersebut di antaranya (1) Allah SWT memperjalankan Rosullullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso’, (2) dari perjalanan tersebut, Allah SWT memberi perintah Rosullullah dan umatnya untuk menunaikan sholat lima waktu, dan (3) Allah SWT memperlihatkan keberadaan-Nya kepada Nabi Muhammad Saw dan pengikutnya melalui ciptaan-ciptaan-Nya.

Demikian dari diturunkannya surat Al-Isra' ayat 1. Surat ini mengajarkan manusia akan keagungan dan keesaan Allah SWT yang tidak terkalahkan oleh apapun. (Humas)