SATU LAGI SISWA MAN 1 KOTA MALANG RAIH PRESTASI HAFIZ 30 JUZ

SATU LAGI SISWA MAN 1 KOTA MALANG RAIH PRESTASI HAFIZ 30 JUZ

Malang (MAN 1 Kota Malang). Talitha Qurratu'Ain Ramadika, merupakan salah satu siswi MAN 1 KOTA Malang, yang saat ini duduk di kelas XI MIPA 2. Gadis manis yang saat ini tinggal di Ma’had Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang, berasal dari Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan, yang merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Kedua orang tua Talitha bekerja sebagai PNS di Kab. Pasuruan.

Alhamdulillah, di bulan penghujung bulan April lalu, tepatnya tanggal 30 April 2022 / 28 Ramadhan 1443 H, Ananda Talitha Qurratu'Ain Ramadika telah menyelesaikan hafalan 30 juz dengan waktu kurang lebih 5 tahun lamanya. Ananda Talitha Qurratu'Ain Ramadika mengikuti program tahfidz di Ma'had maupun di Madrasah.

Awalnya Ananda Talitha Qurratu'Ain Ramadika mulai menghafal saat duduk di kelas 7 bangku MTs di MTsN 3 Malang dan pesantren di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Muqorrobin, Lawang, Malang. Kemudian di tahun 2020, bermodal 15 juz Ananda mendaftar di MAN 1 Kota Malang melalui jalur prestasi.

Awal tahun pelajaran Ananada Talitha Qurratu'Ain Ramadika di MAN 1 Kota Malang harus dilaksanakan secara daring karena pandemi. Hal tersebut tentu berdampak pada hafalan Ananda Talitha menjadi terbengkalai dan tidak teratur sehingga di tahun pertama hanya mendapat 2 juz. Namun, dengan semngat dan dukungan orang-orang di sekitar, termasuk Ustazah di Ma’had Daruh Hikmah MAN 1 Kota Malang, Ananada Talitha mulai semangat lagi untuk menambah hafalannya, yaitu dengan target dua tahun selesai.

Dalam proses mengejar menyelesaikan target hafalan dalam dua tahun, tentunya semua tidak serta merta berjalan dengan mulus. Pada awal November 2021 Ananda Takitha sempat sakit, sehinga harus pulang dari Ma’had Darul Hikmah untuk kontrol secara rutin ke dokter. Selain itu, kegiatan pembelajaran yang kembali dilaksanakan secara daring karena terjadi lonjakan virus covid-19, juga menjadikan hafalan Ananda Talitha terbengkalai.

 Hingga pada awal pembelajaran di bulan Januari 2022, kegiatan pembelajaran kembali digelar secara luring, yang membuat Ananda Talitha kembali semangat untuk mengejar target hafalan yang sempat terbengkalai. Alahamdulillah,  target hafalan Ananda Talitha sudah tercapai, yaitu hafal 30 juz di dua hari menjelang Ramadhan 1443 H. “Menghafalkan itu mudah, menjaga dan mempertahankannya yang sulit. Tapi jika Allah berkehendak semua pasti terjadi, kun fayakun! Maka dari itu saya mohon doa yang terbaik dari siapapun itu untuk hafalan saya. Aamiin” Harapan Ananda Talitha, sembari berdoa agar hafalan Al-Qur’annya senantiasa dijaga oleh Allah. (Humas)