RATUSAN LULUSAN MAN 1 KOTA MALANG SUKSES TEMBUS PTN FAVORIT DAN PT LUAR NEGERI

RATUSAN LULUSAN MAN 1 KOTA MALANG SUKSES TEMBUS PTN FAVORIT DAN PT LUAR NEGERI

      Malang (MAN 1 Kota Malang). Masuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri merupakan impian banyak pelajar, tak terkecuali siswa-siswi MAN 1 Kota Malang. Tentunya sudah menjadi kebanggan tersendiri pula bagi orang tua, bapak/ibu guru, juga almamater jika ada peserta didiknya yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit baik di dalam maupun luar negeri. Oleh karenanya, untuk mempersiapkan hal tersebut perlu berbagai upaya yang harus dilakukan, baik oleh siswa itu sendiri, orang tua, mapun pihak madrasah termasuk guru pengajar dan guru BK.

      Dalam hal layanan studi lanjut masuk perguruan tinggi, MAN 1 Kota Malang sudah memberikan sejak siswa duduk di kelas X, baik oleh guru BK maupun guru pengajar. Layanan khusus yang diberikan oleh BK, yaitu layanan dasar (orientasi dan informasi mengenai perguruan tinggi), responsive (jika anak mengalami masalah), perencanaan individual (karir atau studi lanjut), dan dukungan sistem, termasuk di dalamnya mengenai pembentukan kepribadian dan sosial yang bagus. Jenis layanan tersebut tentunya saling mendukung, jika anak bermasalah di kepribadian, dikhawatirkan bermasalah di belajar, sosial, atau karir. Dalam hal ini, karir termasuk lanjutan belajar ke perguruan tinggi. Pendampingan oleh BK dan guru pengajar ataupun wali kelas dilakukan supaya tujuan anak tercapai dengan maksimal.

     Perencanaan studi sudah diberikan gambaran mulai di kelas X oleh guru BK, sedangkan pendampingan intensif dilakukan di kelas XII, yaitu sudah mulai meruncing dengan pemilihan perguruan tinggi dan jurusan. Koordinator BK MAN 1 Kota Malang, Ibu Reny Suswiyanti, S.Psi. mengungkapkan, “Melakukan pendampingan supaya anak-anak optimal meraih apa yang dicita-citakan, dan anak-anak memperhatikan kesempatan yang dia raih, dan peluang karena kompetisinya sekarang semakin ketat. Pandangan tentang itu anak-anak harus paham. Seperti halnya burung, ketika burung itu masih kecil terbangnya akan rendah, jadi masih sedikit yang dilihat, tapi kalau burungnya sudah besar, semakin itnggi terbangnya semakin banyak yang dilihat. Jadi, anak-anak masih belum tahu mengenai peluang dan persaingan  atau apa yang akan dihadapi. Jadi, ya itu fungsi BK”.

     Siswa-siswi MAN 1 Kota Malang memiliki kemampuan yang beragam dan kompleks, baik itu di bidang akademik maupun nonakademik. Oleh karena itu, peran orang tua, guru pengajar, dan guru BK sangat penting untuk menuntun siswa dalam meraih cita-cita, termasuk memilih perguruan tinggi dan jurusan yang tepat.

     Tim Bk MAN 1 Kota Malang melakukan pendampingan anak-anak kelas XII dalam proses masuk perguruan tinggi, dari berbagai jalur, baik itu SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, SNMPN, SBMPN, Kedinasan, UMPTKIN, jalur prestasi, luar negeri, maupun jalur mandiri. Pendampingan optimal dilakukan sesuai dengan kemampuan anak, pemahaman terhadap peluang dan kompetisi dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan. Tentu saja doa dan ikhtiar dari orang tua, dan Bapak/Ibu guru yang mengawal mulai kelas X sangat penting supaya siswa-siswi MAN 1 Kota Malang memiliki kepribadian, kemampuan akademik atau non akademik yang baik, sehingga diterima di berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Salah satu keberhasilan anak-anak yaitu ketika anak tersebut memiliki kepribadian yang baik. Anak-anak yang seperti ini nantinya akan sukses. Hak yang membentuk kepribadian anak selain orang tua di rumah, juga Bapak/Ibu guru yang setiap hari bersinggungan dengan anak-anak di madrasah. (Humas)