PERAN DAN DUKUNGAN SATPAM DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA

PERAN DAN DUKUNGAN SATPAM DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Seiring dengan ditunjukkanya MAN 1 Kota Malang sebagai pilot project dalam pembangunan Zona Integritas tahun 2022, maka MAN 1 Kota Malang terus berbenah dalam memberikan layanan menuju layanan prima. Pembenahan dilakukan baik dari sarana prasarana, program-program madrasah, hingga SDM di MAN 1 Kota Malang. Terkhusus pada pembenahan SDM, pihak satpam menjadi salah satu SDM yang menjadi garda depan dalam memberikan layanan prima tersebut. Satpam akan menjadi orang pertama yang ditemui saat ada tamu, siswa, dan orang yang datang ke MAN 1 Kota Malang.

     Menjadi salah satu bagian SDM penting dalam memberikan layanan prima, MAN 1 Kota Malang juga tidak lupa memberikan pelatihan-pelatihan serta menyediakan SOP tersendiri kepada pihak satpam. Koordinator satpam MAN 1 Kota Malang, Khoiril Anas, memaparkan, “Pihak satpam, dalam hal keamanan, memang merupakan salah satu anak didik dan perpanjangan tangan dari polri sehingga dalam hal ini kami memberikan pelayanan dari segi keamanan juga. Selain itu, kami juga selalu menerapkan 5 S, mengarahkan tamu ke PTSP, serta mengarahkan tamu untuk mematuhi prosedur protokol kesehatan.”

     Koordinator satpam tersebut juga menambahkan dengan memberikan 5 S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun) akan meninggalkan kesan MAN 1 Kota Malang menjadi madrasah yang ramah. Satpam juga dengan sabar memberikan layanan kepada tamu menuju ke PSTP. Selain itu, saat pandemi ini, ada tugas tambahan satpam, yaitu mengarahkan tamu untuk mematuhi protokol kesehatan, yaitu (1) mempersilakan cuci tangan, (2) memberikan handsanitizer, (3) mengecek suhu, (4) memberika masker jika ada yang belum menggunakan masker, (5) menanyakan keperluan tamu, (6) memberikan tanda pengenal tamu, dan (7) mengarahkan ke PTSP.

     Satpam MAN 1 Kota Malang dalam proses memberikan peran dan dukungan dalam memberikan layanan prima ini juga mendapatkan fasilitas pelatihan, seperti mendapatkan pelatihan dasar dari pihak kepolisian dan TNI. Disamping itu MAN 1 Kota Malang juga bekerjasama dengan BNI Cabang Malang Brawijaya, dalam mengadakan pelatihan orientasi tips layanan prima “membangun sinergi menguatkan budaya melayani”.

     Satpam MAN 1 Kota Malang sebagai garda terdepan siap memberikan peran dan dukungan terhadap layanan prima madrasah kepada masyarakat. Satpam akan terus memberikan energi positif sehingga mampu membangun suasana nyaman dan aman saat berada di MAN 1 Kota Malang. Satpam juga berharap MAN 1 Kota Malang terus berkoordinasi dalam hal memberikan pelayanan prima ini, sehingga pihak satpam dapat terus ikut andil dalam prosesnya. Salam Perubahan (Humas)

 

-