MENYONGSONG TAHUN PELAJARAN BARU, MAN 1 KOTA MALANG KEMBANGKAN DIGITAL LIBRARY

MENYONGSONG TAHUN PELAJARAN BARU, MAN 1 KOTA MALANG KEMBANGKAN DIGITAL LIBRARY

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Pandemi covid-19 memaksa kita untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Hal tersebut menjadi alasan MAN 1 Kota Malang untuk terus meningkatkan pelayanan prima dan membuat inovasi-inovasi demi mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang kondusif. Menyongsong tahun pelajaran 2021—2022, MAN 1 Kota Malang kembangkan digital library, demi memenuhi kebutuhan belajar siswa MAN 1 Kota Malang yang tersebar di berbagai daerah, baik itu luar Kota Malang ataupun luar Pulau Jawa.

     “Melalui perpustakaan berbasis digital atau digital library MAN 1 Kota Malang, siswa tidak perlu lagi datang ke perpustakaan madrasah. Meskipun begitu kami, tetap menyediakan buku fisik, dan insyaAllah sudah tercukupi, meskipun setiap tahun kita selalu menambah sesuai dengan jumlah siswa. Dengan adanya kondisi seperti ini, anak-anak yang jauh banyak yang tidak bisa pergi ke perpustakaan. Kami pihak madrasah sudah menelusuri ebook dari Kemenag dan ada 8 mapel kelompok wajib terdiri dari kelompk A 3 mapel, kelompok B 5 mapel, dan kami sudah pin pdf-nya, untuk mapel PAI ada 5, dan ebook tersebut gratis. Selain itu, kami juga akan bekerjasama dengan beberapa penerbit untuk digital library ini.” Tegas Kepala Perpustakaan MAN 1 Kota Malang, Bapak Sabilal Rosyad, M.Pd. Melalui digital library, kegiatan siswa dalam mencari referensi belajar tetap terpenuhi meski tanpa pergi ke perpustakaan madrasah.

     Meskipun perpustakaan MAN 1 Kota Malang menyediakan perpustakaan berbasis digital, tetapi tetap menyediakan dan melayani peminjaman buku fisik secara langsung. Dalam mengembangkan digital library, nantinya siswa yang sebagai anggota perpustakaan MAN 1 Kota Malang akan diberi kode aktivasi untuk bisa melakukan peminjaman dan mengakses buku yang sudah mereka pinjam secara online dengan jangka waktu tertentu. Untuk proses pengembalian buku yang sudah dipinjam melalui digital library, pengembalian buku akan diproses melalui admin perpustakaan yang nantinya peminjam tidak dapat mengakses atau membaca kembali buku tersebut, kecuali jika melakukan proses perpanjangan atau meminjam ulang buku tersebut.

     Selain melayani peminjaman secara fisik dan online, Digital Library MAN 1 Kota Malang juga menyediakan buku secara offline. Jadi, siswa bisa datang langsung ke perpustakaan MAN 1 Kota Malang dan mengakses buku offline tersebut melalui komputer yang sudah disediakan di perpustakaan madrasah. Harapannya melalui adanya Digital Library, siswa MAN 1 Kota Malang tetap belajar dengan maksimal dan tidak mengalami kendala dalam mencari referensi belajar, serta mempermudah Bapak/Ibu guru melakukan kegiatan mengajar meski dilakukan secara daring. (Humas)