MEMOAR KETUA OSIS MAN 1 KOTA MALANG PERIODE 2021—2022

MEMOAR KETUA OSIS MAN 1 KOTA MALANG PERIODE 2021—2022

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Sholachuttaufiq merupakan siswa MAN 1 Kota Malang yang saat ini duduk di kelas XI MIPA 2 dan menjabat sebagai Ketua OSIS periode 2021—2022. Sholach, panggilan akrabnya, adalah anak ke-1 dari dua bersaudara, lahir dari pasangan Samsul Rosidin dan Illa Uma’rifah. Ayahnya adalah seorang pegawai swasta dan ibunya seorang guru. Sholach lahir di Malang pada 27 Juli 2004. Ia dibesarkan di dua daerah di Kabupaten Malang yaitu Poncokusumo dan Ngajum.

     Pada tahun 2008 ia memulai pendidikannya dengan bersekolah di RA Mathlaul Huda 2. Pada 2011 ia tamat, kemudian melanjutkan di SDN Kepanjen 07. Sholach kecil, memiliki hobi dan bakat dalam olahraga sepak bola, ia pun mulai mengasah kemampuannya tersebut dengan rutin berlatih sepak bola sejak kelas 4 SD. Berkat ketekunannya itu, ia mampu meraih beberapa juara di bidang tersebut. Ia juga aktif mengikut beberapa kegiatan olimpiade baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat kota.  Selain prestasi di bidang nonakademik dan akademik, sejak dini putra sulung dari dua bersaudara ini sudah mulai mengikuti organisasi Pramuka. Ia juga pernah mengikuti beberapa perkemahan dan sempat menjadi pemimpin regu di sekolahnya.

     Kemudian pada 2017, ia melanjutkan sekolah di MTsN 1 Kota Malang melalui jalur tes reguler. Setelah diterima di sana, ia bergabung dengan organisasi PASKIBRAKA. Ia aktif mengikuti kegiatan latihan di organisasi tersebut dan aktif mengikuti berbagai kegiatan upacara, hingga pada 2018 ia terpilih menjadi pengibar bendera pada upacara peringatan HAB Kemenag Kota Malang. Pada tahun yang sama, tepatnya pada Agustus 2018, ia terpilih menjadi pemimpin upacara pada peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia di sekolahnya.  Selama mengenyam pendidikan di MTS ia pernah mengikuti perlombaan bidang Paskibra di tingkat Provinsi Jawa Timur. Iapun mendapat juara Madya II dan juara II di tingkat Kota Malang pada tahun 2018. Ia juga pernah mengikuti Pekan Olahraga Seni Antar Pondok Pesantren Tingak Daerah (POSPEDA) di bidang futsal dan mendapat juara 3. Pada saat kelas VII, ia juga bergabung dengan OSIS di sekolahnya. Ia mendapat jabatan sebagai Co. SEKBID 3 (Bidang Bela Negara).

     Lulus dari MTs di 2020, ia pun mencoba mengikuti tes jalur prestasi di MAN 1 Kota Malang. Melalui tes itulah ia berhasil melanjutkan sekolahnya di sana. Di MAN 1 Kota Malang, ia aktif mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS pada masa jabatan 2020—2021. Pada tahun berikutnya, tepatnya bulan Agustus 2021, ia memutuskan untuk melanjutkan bergabung dengan OSIS di masa jabatan berikutnya. Ia mengikuti rangkaian penjaringan OSIS kurang lebih selama 2 bulan. Pada bulan Oktober 2021 ia terpilih menjadi kandidat Calon Ketua OSIS masa jabatan 2021—2022. Setelah melewati pemilihan umum, akhirnya ia terpilih menjadi Ketua OSIS MAN 1 Kota Malang masa jabatan 2021—2022. Pada 26 Oktober 2021 ia dilantik langsung oleh Ibu Kepala MAN 1 Kota Malang, Ibu Dr. Hj. Binti Maqsudah, dan secara resmi menjadi Ketua OSIS MAN 1 Kota Malang masa jabatan 2021—2022.

     Bagi Sholach, untuk mencapai sebuah cita-cita bukanlah hal yang mudah, diperlukan tekad, usaha, doa, restu orang tua dan bapak ibu guru. Apalagi menjadi seorang ketua OSIS di MAN 1 Kota Malang. Menurutnya, tantangan seorang pemimpin adalah mempengaruhi anggota agar bisa mementingkan kepentingan bersama. (Humas)