MAN 1 KOTA MALANG LAKUKAN SOSIALISASI ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK)  KEPADA SISWA DAN ORANG TUA

MAN 1 KOTA MALANG LAKUKAN SOSIALISASI ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) KEPADA SISWA DAN ORANG TUA

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Senin, 6 September 2021 MAN 1 Kota Malang lakukan sosialisasi dan pembinaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) melalui zoom meeting kepada seluruh peserta ANBK yang berjumlah 50 siswa yang didampingi oleh orang tua. ANBK merupakan indikator kualitas dari satuan pendidikan atau madrasah. Dasar pelaksanaan ANBK berdasarkan (1) Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan ANBK, (2) SE Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor B-2733.1/DJ.I/PP.00/00.11/08/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Madrasah (RA, MI, MTs, dan MA/MAK), Pesantren, dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19.

     ANBK tidak kalah pentingnya dengan UNBK karena ANBK merupakan salah satu indikator kualitas dari madrasah atau satuan pendidikan. Oleh sebab itu MAN 1 Kota Malang perlu adanya melakukan pendampingan pada peserta ANBK, karena soalnya merupakan soal hots (higher order thinking skills) dan terintegrasi antara literasi maupun numerik. Peserta yang terpilih mengikuti ANBK merupakan siswa yang dipilih oleh pusat. Dalam persiapan ANBK, siswa akan mendapatkan pendampingan khusus mulai 13—25 September 2021 mulai pukul 07.30-11.00 dan try out persiapan ANBK setiap hari Sabtu. Dalam pelaksanaan pendampingan tersebut, peserta dibagi menjadi 2 kelompok, (1) kelompok MIPA (matematika, bahasa Indonesia, fisika, kimia, dan biologi), (2) kelompok IPS, Bahasa, dan agama (matematika, bahasa Indonesia, ekonomi, sosiologi, dan geografi). Sedangkan untuk mengejar ketertinggalan pelajaran selama pelaksanaan pendampingan, siswa peserta ANBK akan mendapatkan semester pendek dari guru pengajar sebelum pelaksanaan PAT. Selain melaksanakan pendampingan materi dan try out setiap hari Sabtu, juga akan dilakukan gladi bersih pada 8-9 September 2021 yang terbagi menjadi 3 sesi, sesi 1 pukul 07.30-09.00, sesi 2 pukul 09.30-11.00, dan sesi 3 pukul 11.30—13.00.

     Dalam sosialisasi tersebut, Kepala MAN 1 Kota Malang, Ibu Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd berpesan kepada peserta ANBK, “Kalian harus sehat dan bahagia selama persiapan maupun pelaksanaan ANBK. Dan sungguh-sungguh saat melaksanakan pendampingan. Mudah-mudahan Allah meridai, sehingga anak-anak diberi kesehatan dan kelancaran, dan pada pelaksaan ANBK kalian siap dan mampu menjawab soal ANBK sehingga hasilnya bisa maksimal.”  (Humas)