MAN 1 KOTA MALANG LAKUKAN SELEKSI CALON GURU PKN DAN SOSIOLOGI

MAN 1 KOTA MALANG LAKUKAN SELEKSI CALON GURU PKN DAN SOSIOLOGI

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Pada 28 Juli lalu, MAN 1 Kota Malang melakukan open recruitment untuk pengajar mapel PKn dan Sosiologi secara online. Dari open recruitment tersebut terdapat 46 jumlah pelamar dan terdapat 10 pelamar yang lolos administrasi dan melanjutkan ke proses seleksi berikutnya. Selasa, 3 Juli 2021 MAN 1 Kota Malang melakukan seleksi terhadap 10 calon guru PKn dan Sosiologi yang telah lolos administrasi secara online. Seleksi tersebut berlangsung dari pukul 09.30—16.15 WIB. Sebelum melakukan serangkaian seleksi, perserta diharuskan meangumpulkan berkas administrasi termasuk bukti hasil swab antigen negative, hal tersebut dikarenakan proses seleksi dilakukan secara luring dalam masa pandemi.

     Selama proses seleksi tetap dengan memperhatikan prokes sesuai standar, yaitu pemeriksaan suhu badan di pos satpam, memakai handsanitizer, tetap memakai masker, dan menjaga jarak. Rangkaian proses seleksi terdiri dari enam tahap, yaitu (1) administrasi, petugas akan memeriksa kelengkapan administrasi dari masing-masing pelamar, (2) tes tulis, peserta diharuskan melakukan tes tulis sesuai dengan bidang masing-masing (PKn atau Sosiologi) yang terdiri dari 50 soal pilihan ganda, (3) perangkat pembelajaran, peserta diwajibkan untuk membawa perangkat pembelajaran sesuai dengan bidang masing-masing, (4) tes mengajar, peserta diwajibkan untuk mengikuti tes mengajar dengan menggunakan media atau bahan ajar sesuai dengan bidang masing-masing, (5) Al-Qur’an dan wawasan keislaman, peserta akan diuji mengenai kemampuan dalam membaca Al-qur’an dan wawasan tentang keislaman, dan (6) wawancara, melalui wawancara peserta akan diuji mengenai kemampuan dalam mengelola permasalahan terutama yang berhubungan dengan anak dan dunia pendidikan. Hasil seleksi diumumkan pada Rabu, 4 Agustus 2021 di web MAN 1 Kota Malang (www.man1kotamalang.sch.id) dengan mengambil 1 orang pengajar Pkn dan 1 orang pengajar Sosiologi.

     Rangkaian proses seleksi memang cukup panjang dan ketat, hal tersebut dikarenakan demi memperoleh tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. MAN 1 Kota Malang percaya, melalui pengajar yang kompeten dalam bidang keilmuan masing-masing, maka akan melahirkan generasi-generasi atau output yang berkualitas dan berkahlak karimah. (Humas)