MAN 1 KOTA MALANG BERHASIL LOLOS KSN-K PADA BIDANG ASTRONOMI, GEOGRAFI, DAN BIOLOGI

MAN 1 KOTA MALANG BERHASIL LOLOS KSN-K PADA BIDANG ASTRONOMI, GEOGRAFI, DAN BIOLOGI

Malang (MAN 1 Kota Malang). KSN-K (Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota) adalah kompetisi di bidang sains untuk pelajar jenjang SMA/MA tingkat kabupaten/kota. KSN-K ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional. Melalui kompetisi KSN-K ini akan terjaring siswa terbaik untuk melaju ke tingkat nasional. Seleksi KSN-K ini telah dilaksanakan pada 2—4 Juni 2021 lalu.

Dalam ajang kompetisi KSN-K ini, terdapat sembilan bidang yang dilombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi. Pelaksanaan KSN-K dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi dan 15 Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Ke-15 SILN tersebut, yaitu SILN yang berlokasi di Bangkok, Beogard, Kairo, Davao, Den Haag, Jeddah, Mekkah, Riyadh, Johor Baru, Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Moscow, Singapura, Tokyo, dan Yangoon.

Total peserta dalam KSN-K tahun 2021 ini sebanyak 140.505 peserta dari 8.639 sekolah/madrasah. MAN 1 Kota Malang adalah salah satu di antaranya. MAN 1 Kota Malang mengirimkan sebanyak 27 siswa dalam ajang bergengsi tersebut. Pemilihan 27 siswa tersebut berdasarkan proses seleksi internal, yaitu KSN tingkat sekolah/madrasah yang dilaksanakan pada 8—10 Maret 2021.  Dengan seleksi tersebut, proses pendampingan yang maksimal, serta dukungan dari civitas akademik hingga orang tua siswa, MAN 1 Kota Malang mampu mengantarkan siswa-siswanya lolos pada tahap seleksi KSN-K jenjang SMA/MA tahun 2021. Usaha yang cukup menyita waktu, tenaga, dan pikiran, serta doa kepada Allah SWT telah membuat 3 siswa dari MAN 1 Kota Malang untuk dapat maju ke tahap KSN tingkat Provinsi. Berdasarkan surat pengumuman hasil KSN-K Jenjang SMA/MA tahun 2021 nomor 1018/J3/DM.02.00/2021 3 siswa MAN 1 Kota Malang dinyatakan lolos tahap KSN-K pada 3 bidang yang berbeda. Siswa yang lolos tersebut, yaitu Abbyaz Putra ( kelas XI MIPA 2) dalam bidang Astronomi, Intan Pratiwi (kelas X IPS 3) dalam bidang Geografi, dan Shania Thahir (kelas X MIPA 1/kelas 4 Semester) dalam bidang Biologi.

Hasil pengumuman seleksi KSN-K tersebut, tidaklah menjadi akhir perjuangan dari MAN 1 Kota Malang. Usaha yang lebih keras dan doa yang dimohonkan lebih khusyuk harus tetap dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga 3 siswa perwakilan dari MAN 1 Kota Malang diberi kemudahan dan kelancaran, sehingga mendapatkan hasil terbaik pada tahap seleksi KSN tingkat Provinsi. Semoga sukses MAN 1 Kota Malang dalam ajang KSN tahun 2021.(Humas)