MA’HAD DARUL HIKMAH LAUNCHINGKAN BUKU ANTOLOGI  “SECANGKIR CERITA SANTRI”

MA’HAD DARUL HIKMAH LAUNCHINGKAN BUKU ANTOLOGI “SECANGKIR CERITA SANTRI”

     Sekbid kepenulisan, Ma'had Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang telah mengajak para asatiz, santri, dan alumninya untuk mengembangkan skill mereka dalam bidang kepenulisan dengan proyek menulis buku antologi "Secangkir Cerita Santri" sejak sebulan lalu. Proyek ini dikordinatori oleh salah satu murabbiyah Ma'had Darul Hikmah, Nikmatus Sa'adah dan dibimbing langsung oleh Mudir Ma'had Darul Hikmah, Syarifuddin.

     Isi buku antologi ini merupakan kisah asatiz, santri, dan alumni MDH ketika mengenyam pendidikan di pondok pesantren tentang pengalaman, ketekunan, kreativitas, kelucuan, dan keseruan mereka tentang siapa sebenarnya mereka dan apa saja yang mereka lakukan selama di pesantren. Buku tersebut juga memuat lika liku dan suka-duka mereka selama nyantri. Syarifuddin juga menyampaikan harapannya dengan adanya tulisan ini, banyak santri, orangtua, dan calon santri di luar sana menjadi terinspirasi untuk mengenyam pendidikan di lingkup pesantren. Buku ini juga mendapat komentar baik dari beberapa pakar diantaranya, Gus Ach. Dhofir Zuhry, Rektor Sekolah Tinggi Filsafat Al-Farabi dan Pengasuh Pesantren Luhur Baitul Hikmah Malang, Halimi Zuhdy, Pengasuh Ma'had Darun Nun Malang dan Dosen Bahasa dan Sastra Arab UIN Maliki Malang, Ahmad Zainuddin, Pimpinan Pesantren Kontemporer Al-Hilmu dan Sekolah Alam Alas Welirang Prigen Pasuruan, dan Dosen Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Universitas Yudharta Pasuruan, serta Enjang Burhanudin Yusuf, Dosen Pendidikan Bahasa Arab UIN Saizu Purwokerto dan Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto.

    Hingga pada Sabtu, 23 Oktober 2021, secara resmi buku ini dikeluarkan dalam acara Book Launching "Secangkir Cerita Santri" yang digelar di Aula MAN 1 Kota Malang sejak pukul 19.30 WIB. Dalam kegiatan ini, Mudir Ma'had Darul Hikmah juga meresmikan buku ini untuk diperjual belikan setelah sebagian penulis memaparkan sedikit kisahnya. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan harapan agar ada buku-buku berikutnya hasil santri MDH yang dapat diterbitkan.

    Untuk memeriahkan acara ini, Sekbid Kepenulisan mengadakan Lomba Puisi bagi santri MDH dan membagikan beberapa buku "Secangkir Cerita Santri" untuk mereka selain membuka stand serta pameran buku karya-karya asatiz dan santri sebelumnya yang mengalir cair dipandu oleh M. Danial Shafran, dan M. Hamdani Fauzi, sebagai MC acara tersebut.

    Dengan semangat malam Ahad, santri MDH banyak yang sangat termotivasi untuk menulis di event-event berikutnya. Ujar Dimas, salah satu santri MDH.