KEPALA MADRASAH MAN 1 KOTA MALANG  PAPARKAN PROGRAM UNGGULAN DI HADAPAN WALI MURID

KEPALA MADRASAH MAN 1 KOTA MALANG PAPARKAN PROGRAM UNGGULAN DI HADAPAN WALI MURID

Malang (MAN 1 Kota Malang). Pada 21—23 Juni 2021 ini, agenda MAN 1 Kota Malang adalah membagikan laporan hasil belajar kepada orang tua/ wali murid MAN 1 Kota Malang. Momen tersebut dijadikan MAN 1 Kota Malang sebagai momen untuk menyampaikan hasil belajar siswa selama 1 semester, progres pembangunan sarana prasarana madrasah, wacana pengembangan madrasah ke depannya, dan khususnya program-program unggulan madrasah.
Kepala MAN 1 Kota Malang, Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd., memaparkan bahwa terdapat 8 program madrasah. Program-program tersebut meliputi (1) kelas digital, (2) TIK dalam bidang pemrograman, (3) robotik, (4) tahfidz, (5) TOEFL, (6) program olimpiade, (7) program KIR, dan (8) olahraga dan seni. Kedelapan program tersebut merupakan wadah yang disediakan madrasah kepada peserta didik untuk mengasah kemampuan di bidang non akademik.
Di antara kedelapan program unggulan tersebut, terdapat 6 program unggulan yang telah dilaksanakan oleh MAN 1 Kota Malang. Namun, ke depannya akan terus dilakukan perbaikan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Program TIK dalam bidang pemrograman meliputi (a) coding untuk aplikasi website dan (b) coding untuk mobile (animasi, game, desain grafis). Program teknologi lainnya yaitu, program robotik yang sejauh ini sudah mengukir prestasi untuk madrasah.
Program selanjutnya, yaitu program tahfidz. Pada program ini, sudah terdapat 5 siswa yang telah hafal 30 jus. Program ini akan dikembangkan secara lebih luas lagi, dengan target yang diharapkan adalah, setiap lulusan MAN 1 Kota Malang memiliki bekal hafalan al Qur’an minimal 2 juz, khsususnya juz 30 dan 29.Pada program olimpiade dan program KIR, MAN 1 Kota Malang pun telah menunjukkan prestasinya. Dalam semester ini ada tiga siswa MAN 1 Kota Malang yang lolos ke tingkat propinsi dalam ajang KSN (Kompetisi Sains Nasional). Untuk KIR telah meraih juara harapan Nasional dalam ajang Mayres yang dilaksanakan oleh Direktorat KSKK Kemenag RI.
Program yang telah dilaksanakan berikutnya adalah olah raga dan seni. Pada program ini akan mewadahi siswa yang ahli futsal, badminton, basket, dan seterusnya. Di bidang seni pun, MAN 1 Kota Malang memiliki tim indah voice dan tim gambus. Bahkan Tim Indah Voice telah meraih Juara 3 Nasional dalam ajang Syiar Anak Negeri (SAN) yang diadakan oleh Direktorat KSKK Kemenag RI kerjasama dengan Metro TV.
Program unggulan yang akan dilaksanakan MAN 1 Kota Malang adalah program kelas digital dan TOEFL. Program kelas digital dibuat karena di era saat ini memang era yang sudah mengharuskan kita, khususnya siswa MAN 1 Kota Malang, untuk tidak gagap teknologi. Saat ini setiap kelas memang sudah terdapat beberapa fasilitas teknologi, seperti LCD, proyektor, dan terkoneksi wifi madrasah. Akan tetapi pada kelas digital ini, memang akan difokuskan pada kelas di lantai 3. Di sana akan dipasang wifi sehingga siswa yang jenuh belajar di dalam kelas dapat belajar di kelas digital (outdoor) ataupun juga melakukan diskusi-diskusi akademik di sana. Selain itu, ada program TOEFL ini merupakan program baru di bidang bahasa. Program ini dilaksanakan untuk siswa kelas 11 lalu saat kelas 12 ada tes TOEFL-nya. Program ini adalah program yang bagus karena dapat menunjang siswa dalam melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi selanjutnya.
MAN 1 Kota Malang akan terus berbenah diri dengan terus mengevaluasi program yang ada sehingga dapat membimbing siswa dan menjadi wadah siswa untuk mengasah keahlian sehingga dapat mempertahankan prestasi bahkan menaikkan prestasi yang ada. Selain itu, MAN 1 Kota Malang juga akan mengembangkan diri dengan membuka program-program baru agar dapat bersaing dengan madrasah-madrasah lain. Semoga MAN 1 Kota Malang semakin berprestasi dan terdepan. (Humas)