DIRJEN PENDIS KEMENAG RI, KUNJUNGI KELAS DIGITAL MAN 1 KOTA MALANG

DIRJEN PENDIS KEMENAG RI, KUNJUNGI KELAS DIGITAL MAN 1 KOTA MALANG

     Malang (MAN 1 Kota Malang). Satu bulan terakhir ini MAN 1 Kota Malang sering mendapat kunjungan dari Petinggi di Lingkungan Kemenag RI. Hal ini tentu sangat menggembirakan bagi keluarga besar MAN 1 Kota Malang. Disamping sebagai sebuah kebanggaan, hal tersebut akan semakin memotivasi civitas akademika MAN 1 Kota Malang untuk terus berkarya dan berinovasi bagi kemajuan MAN 1 Kota Malang, menuju madrasah yang semakin unggul.

     Salah satju pejabat penting yang berkunjung ke MAN 1 adalah Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.Tp.MT. Beliau berkenan berkunjung ke MAN 1 Kota Malang pada hari Kamis, 30 September 2021. Dalam kesempatan tersebut beliau didampingi beberapa pejabat lainnya antara lain Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag. dan Kasi Pendma Kantor Kemenag Kota Malang, Dr. H. Sutrisno, M.Pd.

     Kunjungan Bapak Dirjen tersebut bertujuan untuk melihat langsung seberapa jauh kesiapan MAN 1 Kota Malang dalam melaksanakan kelas digital. Perlu diketahui bahwa pada tahun pelajaran 2021/2022 ini, MAN 1 Kota Malang melakukan inovasi dengan menyediakan Kelas Digital. Kelas Digital MAN 1 Kota Malang adalah kelas yang menggunakan peranan internet dan kelas digital dalam proses persiapan, pelaksanaan, dan penilaian oleh guru dan siswa MAN 1 Kota Malang. Dalam Kelas Digital tersebut, proses pembelajaran menjadi lebih praktis dan juga ramah lingkungan karena paper less. Dalam kelas digital dilengkapi sejumlah sarana 1) Laptop untuk setiap siswa 2) Web cam 3) Smart TV 4) Pen Tablet. Sedangkan metode pembelajarannya menggunakan Blended Learning

     Dalam kunjungan tersebut Bapak Dirjend melihat langsung proses pembalajaran di kelas digital. Dalam kesempatan tersebut di kelompok A sedang berlangsung pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informatika dengan guru pembimbing Bapak Giemza Bagus Mujono, S.Si. Sementara itu di kelompok B juga sedang berlansung pembelajaran Bahasa Arab yang diasuh oleh Bapak Yasin, S.Pd. M.Pd.

     Selain melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan kelas digital, kunjungan tersebut juga meninjau perputakaan digital MAN 1 Kota Malang. Perpustakaan MAN 1 Kota Malang menjadi perpustakaan berbasis digital dengan melibatkan teknologi dalam mengecek ketersediaan buku hingga proses peminjaman buku. Beberapa buku koleksi yang ada di perpustakaan MAN 1 Kota Malang pun sudah berbentuk digital, seperti e-book dan e-modul.

     Semoga apa yang telah dipersiapkan dan ditinjau tersebut dapat menjadi motivasi untuk MAN 1 Kota Malang lebih semangat lagi dalam berinovasi dan kreatif dalam memajukan MAN 1 Kota Malang. (Humas)