Balut Cinta Kasih dalam Tajuk ‘Serambi Suci’: MAN 1 Kota Malang Berbagi

Balut Cinta Kasih dalam Tajuk ‘Serambi Suci’: MAN 1 Kota Malang Berbagi

MAN 1 Kota Malang Hadir Sebagai Inspirasi,

Menyambut bulan nan suci, bulan Ramadhan 1445 H, ada hal menarik dari kegiatan OSIS MAN 1 Kota Malang. Pada Sabtu, 9 Maret 2024, seluruh OSIS MAN 1 Kota Malang laksanakan Serambi Suci (Sedekah Ramadhan Beribu Pahala, Sucikan Jiwa). Dalam tajuk Serambi Suci, seluruh siswa OSIS memulai dengan apel pagi pukul 7.30 WIB, dalam rangkaian Serambi Suci ini pun juga dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan MAN 1 Kota Malang, Bapak-Ibu guru pendamping, dan duta moderasi beragama MAN 1 Kota Malang. Dalam apel ada penyerahan simbolis sembako yang terdiri atas beras, minyak, mie instan, serta sayur-mayur. Usai apel, siswa OSIS melakukan tari-tarian Jula-Juli. Terakhir, seluruh siswa, unsur pimpinan, dan guru pendamping menyebar ke beberapa titik, mulai dari daerah sekitar pom bensin, door to door ke warga sekitar yang membutuhkan untuk membagikan sembako tersebut. Ada 90 paket sembako yang dibagikan pagi ini.

Hal positif ini merupakan salah satu kegiatan yang membentuk karakter islami, berkasih sayang sesama, toleransi, serta peduli, terlebih di tengah maraknya era globalisasi pada remaja. Harapannya, tidak hanya unggul dalam prestasi, siswa MAN 1 Kota Malang pun juga unggul dalam akhlak.

Dalam sambutan apel, Dr. Sutirjo, M.Pd., memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan solusi berupa tindakan realistis dari generasi berkarakter di tengah adanya beberapa kenaikan harga sembako. Selain itu, ini juga bentuk kita menerapkan ajaran Rosullullah saw, berbagai dalam kebaikan. Beliau berpesan, hal yang dilakukan ini harus didasari hati yang bersih dan ikhlas.

“Melalui kegiatan berbagi ini diharapkan nilai-nilai karakter positif, akhlak baik akan tumbuh berkembang & bermanfaat di masyarakat.  Siswa akan terlatih peduli, ikut merasakan, respek dan terbangun jiwa gotong-royongnya pada mereka yang belum beruntung,” tegas Bapak Sutirjo.

Lebih lanjut Laylintang, siswa MAN 1 Kota Malang kelas XI yang ikut serta dalam kegiatan Serambi Suci menyampaikan, “Saya bersyukur  dapat ikut merasakan seperti kondisi mereka yang yatim piatu, atau dhuafa dimana harus berjuang di kesehariannya.”

Begitu juga Bu Supriyanti warga kampung Panjaitan Gang X menuturkan “terimakasih atas berkah sembako, Sayur mayur dan buah-buahan ini dari anak-anak madrasah. Saya doakan anak-anak sukses selalu.”

Salam Serambi Suci, dari MAN 1 Kota Malang untuk semua menuju Indonesia bergenerasi unggul berkualitas.(Humas)

#kementeriansemuaagama