ALUMNI MAN 1 KOTA MALANG SUMBANG MEDALI PERTAMA UNTUK INDONESIA DI SEA GAMES 2021

ALUMNI MAN 1 KOTA MALANG SUMBANG MEDALI PERTAMA UNTUK INDONESIA DI SEA GAMES 2021

Malang (MAN 1 Kota Malang). Nadya Nakhoir, atau yang akrab di panggil Nadya, merupakan atlet kickboxing putri dari Indonesia yang beberapa waktu lalu berhasil menjadi penyumbang pertama medali untuk Indonesia di ajang Sea Games 2021. Nadya yang merupakan alumni MAN 1 Kota Malang ini, berhasil meraih medali perunggu di ajang Sea Games 2021 pada Selasa, 10 Mei 2022. Nadya merupakan kontingen Indonesia cabor kickboxing putri kelas 48 kg. Nadya berhasil meraih medali perunggu setelah melawan Nguyen Thi Hang Nga yang merupakan atlet dari tuan rumah Vietnam pada babak semifinal.

Nadya, putri dari Bapak Nurul Islam dan Alm. Ibu Nurul Jannah ini lahir di Malang 17 April 1994 yang merupakan alumni dari MAN 1 Kota Malang, lulus pada tahun 2013. Selama menempuh pendidikan di MAN 1 Kota Malang, Nadya sudah aktif di olah raga Bela diri dan sering menjuarai lomba dibidang bela diri. Kemampuan Nadya dalam olahraga bela diri sudah diasah sejak duduk di bangku MTs. Kemudian ketika di MAN 1 Kota Malang, Nadya kembali mengembangkan bakat bela dirinya tersebut. “Saya senang dan hobi dengan bela diri sejak MTs, Kemudian masuk di MAN 1 Kota Malang saya masih tetap konsisten mengikuti bela diri tersebut.” Tegas Nadya.

Sebagai seorang yang bercita-cita menjadi atlet besar kala itu, Nadya juga melatih ketahanan fisiknya setiap pagi sebelum berangkat sekolah. “Setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah saya biasanya lari pagi. Itu supaya fisik saya kuat.” Selain ketahanan fisik, kedisiplinan dalam mengatur waktu dan ketekunan untuk berlatih juga sangat penting bagi Nadya, apa lagi saat itu Nadya sedang menempuh pendidikan di MAN 1 Kota Malang. “Padahal rumah saya itu jauh dari MAN 1 Kota Malang, rumah saya di pakis. Saya harus pintar mengatur waktu antara saya tetap bisa lari pagi dan berangkat ke sekolah tidak terlambat.” Imbuh Nadya.

“Perjuangan untuk menjadi atlet nasional ini tidaklah mudah, saya menulis cita-cita ini sejak duduk di Mts. Tentunya dalam prosesnya tidaklah mudah banyak benturan sana-sini ang harus saya alami. Dan Alhamdulillah Allah memberi kesempatan kepada saya untuk mengikuti seleksi nasional menuju Sea Games 2021 dan Alhamdulillah lolos. Dan pertama kalinya saya bermain di Sea Games 2021 dan Alhamdulillah saya berhasil membawa pulang medali perunggu untuk Indonesia.” Cerita Nadya.

Kegigihan, ketekunan, dan kedisiplinan Nadya berlatih bela diri, rupanya membuahkan hasil. Nadya berhasil meraih berbagai prestasi di antaranya.

KEJURDA

  • Silver Nedal Porprov Wushu Jawa Timur 2013
  • Brownz Medal Porprov Wushu Jawa Timur 2013
  • Gold Medal Pkejurda Muaythai Jawa Timur 2016
  • Gold Medal Porprov Wushu Banten 2018

KEJURNAS

  • Gold Medal Kejurnas Piala Wapres Liga Nasional Muaythai Makasar 2016
  • Silver Medal Kejurnas Piala Wapres Liga Nasional Muaythai Subang 2016
  • Silver Medal Wushu Sanda Piala Wapres Bangka Belitung 2019
  • Gold Medal Kickboxing Rambow Antar Camp 2020

PON

  • Brownz Medal PON Exebisi Muaythai 2016

INTERNASIONAL

  • Brownz Medal Sea Games Hanoi Vietnam 2022 Cabor Kickboxing

“Tentunya apa yang saya raih ini, karena saya memiliki tekad yang kuat, tekun berusaha, dan berdoa. Ketika saya terus berdoa, tekun berlatih, dan berusaha, saya yakin Allah melihat apa yang selama ini saya usahakan.” Imbuh Nadya. Tekat kuat, tekun berusaha, dan berdoa modal utama Nadya untuk meraih prestasi demi prestasi yang membanggakan. Tentunya, prestasi yang telah dan akan diraih kembali oleh Nadya Nakhoir merupakan kebanggaan tersendiri bagi MAN 1 Kota Malang. Semoga apa yang telah diraih oleh Nadya menularkan semangat untuk adik-adiknya di MAN 1 Kota Malang agar menjadi siswa yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. (Humas)