Untuk Sukses PAT Online, MAN 1 Kota Malang Bentuk Help Desk

Dalam situasi Pandemi Covid-19, pembelajaran secara Daring di MAN 1 Kota Malang berlangsung sejak tanggal 16 Maret 2020. Hingga akhir Mei pun masih dilaksanakan secara daring. Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran secara Daring tersebut, para guru telah dibekali dengan penguasaan sejumlah aplikasi seperti E_Learning Madrasah, Google Classroom, Zoom Meeting, Google Form dan lain sebagainya.

Perkembangan Pandemi-19 yang tak kunjung reda sampai saat ini, membuat MAN 1 Kota Malang harus berkreasi untuk pelaksanaan PAT. Sehingga PAT tahun ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) atau online. “Kami telah menugaskan Tim Pusiskom (Pusat Sistem Informasi dan Komunikasi) MAN 1 Kota Malang untuk menyiapkan aplikasi untuk ujian online yang mudah, praktis dan aman. Alhamdulillah hal terwujud, bahkan untuk menghindari kecurangan, dalam aplikasi tersebut tidak ada fitur back (kembali ke nomor soal sebelumnya), yang ada ada hanya Next (lanjut),  ujar kepala MAN 1 Kota Malang, Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd.

PAT di MAN 1 Kota Malang terjadwal mulai tanggal 2 sd. 11 Juni 2020, terbagi dalam beberapa sesi. “Untuk kelancaran pelaksanaan PAT tersebut, Panitia disamping melakukan persiapan-persiapan sebagaimana mestinnya, maka ada tiga hal khusus yang kita lakukan, tegas waka Kurikulum MAN 1 Kota Malang, Yasin, M.Pd.  Tiga hal khusus tersebut adalah 1) simulasi untuk Bapak/Ibu guru pembuat soal, hal ini bertujuan untuk memastikan apakah soal yang sudah dientry sudah benar dan valid. 2) simulasi bagi siswa-siswi, ini bertujuan untuk memastikan bahwa jaringan dan koneksitas sistesm internet berjalan dengan baik. 3). Membentuk Help Desk, yang terdiri dari ahli IT yang cakap dan telah mengikuti pelatihan sebagai Proktor pada ujian Madrasah. Tugas help desk ini intinya membantu kelancaran pelaksanaan PAT, yaitu a) mencatat dan menyampaikan dan menyelesaikan suatu persoalan sesuai prosedur, b) membuat laporan tertentu (rekapitulasi) penyelesaian masalah c) menangani beberapa user jika mengalami masalah ketika masuk server. “Intinya help desk tugasnya melayani ujian siswa dengan memberikan problem solving yang baik, sehingga bisa mengatasi permasalahan pada peserta ujian, tegas Koordinator Pusiskom, Afrizal Noor, M.Kom, yang merupakan alaumni S-2 Ilmu Komunikasi Unair Surabaya.

Di samping itu, Panitia PAT juga membuat Pedoman Teknis. Di mana dalam pedoman teknis tersebut dijelaskan, apa saja yang harus disiapkan oleh peserta ujian dan bagaimana urutan langkah-langkahnya. “Buku panduan ini kami susun untuk menjadi acuan secara teknis bagi peserta didik, sehingga pelaksanaan PAT bisa berjalan dengan lancar dan sukses, tanpa ada kendala teknis’ ungkap Ketua Panitia PAT, Drs. H. Sudirman, M.Pd.

“Alhamdulillah kegiatan PAT ini, berlangsung dengan baik dan lancar serta sukses. Hal ini juga tidak terlepas dari peran wali kelas atau pembimbing akademik, yang secara online terus memantau dan mengawal anak-anak dalam mengikuti kegiatan PAT ini.” Imbuh Waka Humas, Abdurrohim, MA.

Komentar

Komentar

about author

admin

man1mlg@yahoo.co.id

Pusiskom MAN 1 Kota Malang adalah sebuah unit terpadu yang didirikan pada tahun 2011. Pusiskom bertugas untuk mengontrol segala jenis kegiatan dan aktifitas yang berkaitan dengan Teknologi Informasi serta memantau dan mengembangkan terobosan dalam kemajuan Madrasah.