PESANTREN RAMADHAN MAN 1 KOTA MALANG 1442 H.

Marhaban ya Ramadhan, Marhaban ya Syahrussiyam. Telah datang bulan Ramadhan, bulan suci yang ditunggu-tunggu seluruh umat Islam. Meskipun dalam satu tahun terakhir ini, umat Islam melaksanakan Ibadah Ramadhan yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena adanya wabah covid-19. Namun, hal ini tidak menyurutkan civitas MAN 1 Kota Malang dalam mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan yang menjadi tradisi setiap tahunnya meski dengan metode pelaksanaan yang berbeda.

Tahun ini Pondok Ramadhan dilakukan dengan dua metode dan dilaksanakan selama lima hari yaitu mulai Senin, 19 April sampai 23 April 2021. Metode pertama, dalam bentuk daring via zoom meeting bagi siswa yang berdomisili luar kota Malang dan siswa diwajibkan membuat laporan kegiatan melalui googleform. Kedua, dalam bentuk luring bagi siswa berdomisili Kota Malang (dengan syarat mendapatkan izin dari orang tua), tentu dengan tetap melaksanakan serta mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan.

Pada pembukaan kegiatan Pondok Ramadhan, Kepala MAN 1 Kota Malang Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd. mengatakan “Bulan Ramadhan adalah bulan untuk melakukan evaluasi diri atau muhasabah, baik itu ibadah atau kesalahan yang telah kita lakukan sebelum bulan Ramadhan. Ibadah Ramadhan dapat melatih seseorang untuk meningkatkan ketakwaan, menjaga hawa nafsu, dan mengendalikan diri kita baik perkataan atau perbuatan yang kurang bermanfaat.” Beliau juga menambahkan, “Salah satu hikmah dari puasa kita bisa menggapai derajat ketakwaan, kita juga bisa menjalankan amalan sebagai wujud ketakwaan kita, seperti tadarus atau shalat malam. Oleh karena itu kami berharap melalui pondhok ramadhan kita bisa meningkatkan ibadah dengan maksimal agar derajat ketakwaan bisa dicapai.”

Pondok Ramadhan secara luring dilaksanakan sebagai bentuk simulasi pertemuan tatap muka terbatas yang telah ditetapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Sesuai dengan paparan Ibu Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd. pada pembukaan Senin lalu yaitu untuk meningkatkan derajat ketakwaan, maka kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi MAN 1 Kota Malang selama mengikuti Pondok Ramadhan berupa tadarus, shalat dhuha berjamaah, dan mendengarkan materi berkaitan dengan fikih puasa yang disampaikan secara langsung oleh guru mapel Keagamaan.

Komentar

Komentar

about author

admin

man1mlg@yahoo.co.id

Pusiskom MAN 1 Kota Malang adalah sebuah unit terpadu yang didirikan pada tahun 2011. Pusiskom bertugas untuk mengontrol segala jenis kegiatan dan aktifitas yang berkaitan dengan Teknologi Informasi serta memantau dan mengembangkan terobosan dalam kemajuan Madrasah.