Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Tingkat Nasional oleh LIPI di MAN 1 Kota Malang

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan Pelatihan Karya Tulis ilmiah ditingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Pelatihan ini diadakan di lima titik di Indonesia, yaitu Majalengka, Gorontalo, Kediri, Kota Malang, dan Banyuwangi, namun untuk di Banyuwangi di tiadakan. Kegiatan di Kota Malang, LIPI berkolaborasi dengan MAN 1 Kota Malang. Pelatihan Karya Ilmiah ini diikuti oleh bapak/ibu guru serta siswa-siswi dari berbagai penjuru nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 26-28 April 2021.

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah yang mengusung tema “Dalam Rangka Menumbuhkembangkan Budaya Penelitian dan Optimalisasi Potensi Siswa dan Guru dalam Pembuatan Karya Ilmiah” dihadiri secara langsung oleh Kankemenag Kota Malang, Dr. H. Muhtar Hazawai, M.Ag, serta Kepala MAN 1 Kota Malang, Dr. Hj. Binti Maqsudah, M. Pd. Peserta pada kegiatan ini dibagi menjadi 3, yaitu pelatihan untuk guru pendamping, dan siswa di bidang sains dan soshum.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag. menyampaikan, ” Kami sangat mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh LIPI ini. Di mana LIPI telah menggandeng madrasah dalam kegiatan ini. Tentu hal ini akan membawa dampak positif terhadap penguatan kemampuan madrasah di bidang karya ilmiah dan riset. Semoga ke depannya kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan sehingga semakin banyak siswa dan guru madrasah yang ikut serta”.

Kepala MAN 1 Kota Malang Ibu Dr. Binti Maqsudah, M.Pd. menyambut baik diselenggarakannya acara ini, “LIPI berupaya untuk memberikan pelatihan karya tulis ilmiah baik tingkat SMP/MTS dan SMA/MA. Yang dilatih adalah guru-guru pendamping/pembimbing, siswa bidang IPA dan IPS. Dari LIPI memberikan perwakilannya kesini, jadi narasumbernya langsung dari LIPI. Dari ke empat tempat yang ditempati kegiatan LIPI, yang paling baik adalah MAN 1 Kota Malang, dari mulai segi jaringan, dari sikap, dan respon siswa. Dan ini amat bermanfaat sekali untuk kedepannya bagi guru pendamping/pembimbing, maupun bagi siswa yang akan mengikuti lomba karya ilmiah.”

Antusiasme para peserta sangat tinggi, terlihat dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada pemateri dari LIPI untuk menjawab keresahan mereka dalam menulis karya ilmiah. Salah satu peserta, yaitu siswi dari MAN 1 Kota Malang Najja sangat senang dan anatusias dengan diselenggarakannya kegiatannya ini,”Alhamdulillah dengan ikut acara ini saya dapat lebih banyak ilmu yang belum saya tahu. Seperti cara membuat proposal yang benar, cara melakukan penelitian yang benar, dan diberi tips bagaimana ketika lagi presentasi. Dan saya juga senang, karena bisa berkesempatan dapat tutor langsung dari LIPI.”

Kegiatan ini diikuti oleh 41 sekolah dari 6 provinsi di Indonesia, dengan tiga narasumber dari LIPI. Untuk dapat bergabung di kegiatan ini, para peserta tentu harus melalui seleksi yang cukup ketat. Kondisi pandemi saat ini menyebabkan tidak semua peserta dapat hadir di MAN 1 Kota Malang, jadi metode penyampaian materi baik bagi peserta yang hadir maupun yang mengikuti dari rumah tetap menggunakan media zoom meeting. Pada kegiatan pelatihan ini para peserta diberi materi mengenai cara memilih topik penelitian, permasalahan, cara menulis proposal dan karya ilmiah, dsb. Kegiatan ini dilakukan tentunya untuk menyiapkan para peserta dalam mengikuti berbagai lomba karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Komentar

Komentar

about author

admin

man1mlg@yahoo.co.id

Pusiskom MAN 1 Kota Malang adalah sebuah unit terpadu yang didirikan pada tahun 2011. Pusiskom bertugas untuk mengontrol segala jenis kegiatan dan aktifitas yang berkaitan dengan Teknologi Informasi serta memantau dan mengembangkan terobosan dalam kemajuan Madrasah.