Man 1 Kota Malang Adakan Workshop Penerapan Arsip Berbasis Digital

Acara yang diselenggarakan oleh MAN 1 Kota Malang bekerjasama dengan FIA UB Universitas Brawijaya Malang merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada public pada bidang kearsipan yang berbasis digital. Dengan adanya workshop ini diharapkan kearsipan di Madrasah maupun satker-satker yang ada di Kementerian Agama lebih tertib, rapih dan mudah untuk diakses. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya MAN 1 Kota Malang, MAN 2 Kota Malang, MTsN 1 Kota Malang, MTsN 2 Kota Malang, MIN 1 Kota Malang, MIN 2 Kota Malang dan KUA se Kota Malang

Dr.Siswidianto salah satu dari narasumber FIA UB merasa senang bisa bekerja sama dengan lingkungan Kementerian Agama se Kota Malang yang diprakarsai oleh MAN 1 Kota Malang, bisa menyelenggarakan  workshop ini. Beliau meyakinkan dengan adanya pelatihan ini kelak semua dokumen akan terarsipkan dengan baik dan tertib. Tentunya arsip arsip tersebut pada tahun tahun yang akan datang akan sangat membantu keberadaan suatu instansi.

Paling tidak ada ada 4 instrumen yang harus terpenuhi dalam Arsiparis.  Tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip, sistem klasifikasi, keamanan dan kode akses arsip. Ketika semua instansi bisa menerapkan keempat hal di atas maka kearsipan tersebut  sudah baik dan memenuhi kriteria.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan praktik aplikasi Arteri.  Arteri adalah singkatan dari Arsip Elektronik Terintegrasi. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegitan tersebut dan berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan dan dikembangkan di masa-masa yang akan datang. (Humas)

Komentar

Komentar

about author

admin

man1mlg@yahoo.co.id

Pusiskom MAN 1 Kota Malang adalah sebuah unit terpadu yang didirikan pada tahun 2011. Pusiskom bertugas untuk mengontrol segala jenis kegiatan dan aktifitas yang berkaitan dengan Teknologi Informasi serta memantau dan mengembangkan terobosan dalam kemajuan Madrasah.